Monday, January 18

Makanan Pereda Mual yang Wajib Diketahui

Makanan Pereda Mual yang Wajib Diketahui

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mual. Misalnya hal-hal seperti melewatkan makan dan puasa, perut kenyang, mencium aroma tertentu, sakit kepala, gejala awal kehamilan, mengalami PMS, dll. Jika merasa mual, Anda bisa makan makanan pereda mual untuk mengatasi gejala ketidaknyamanan ini.

Makanan untuk Mengatasi Mual

Bila Anda merasakan gejala mual, terdapat beberapa makanan yang dapat membantu meredakan mual yaitu:

  1. Apel

Apel tidak hanya enak, tapi juga kaya nutrisi. Apel juga ternyata dapat meredakan mual. Selain itu, nutrisi dan aroma yang terkandung di dalam apel juga sangat bermanfaat dalam mengurangi resiko terjadinya mual. Apel aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Apel dapat dikonsumsi langsung atau bisa dibuat menjadi jus tanpa gula.

  1. Pisang

Pisang merupakan camilan kaya nutrisi dan padat energi yang mudah dikonsumsi saat Anda sedang sakit atau muntah akibat mual. Selain itu, pisang juga merupakan buah yang ampuh untuk mengatasi masalah pencernaan.

Pisang membantu mengisi kembali kalium yang mungkin hilang karena muntah atau diare. Pisang berukuran sedang mengandung 105 kalori dan 27 gram karbohidrat yang dapat memenuhi 12% kebutuhan kalium harian dan 22% vitamin B6.

  1. Kacang

Kacang juga dapat meredakan rasa mual. Mual juga biasanya bisa disebabkan oleh kurangnya asupan protein dalam tubuh. Karenanya, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sehat untuk dikonsumsi kapan saja bahkan saat mual. Makan kacang-kacangan akan membantu mengisi kembali energi yang dikonsumsi dan mencegah mual. Namun perlu diingat bahwa rasa mual akan bertambah parah jika disebabkan oleh virus sehingga harus menghindari kacang-kacangan.

Makanan untuk Mengatasi Mual

  1. Jahe

Jahe mengandung senyawa aktif secara biologis seperti gingerol, paradol dan shogaol. Kandungan senyawa ini dipercaya dapat berinteraksi dengan sistem saraf pusat dan lambung untuk meredakan gejala mual pada tubuh.

  1. Air Putih

Saat Anda merasa mual, minumlah air putih yang cukup. Air akan menetralkan sistem pencernaan. Selain itu, air juga akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang terbuang karena mual atau muntah. Air selalu menjadi sumber hidrasi yang baik apalagi jika anda mengalami muntah atau diare yang membuat tubuh kehilangan cairan.

  1. Lemon

Anda bisa makan lemon bersama dengan teh atau cukup menyeduh air hangat dan air lemon. Minum secangkir teh dengan irisan lemon dalam air panas bisa meredakan mual. Lemon bahkan dapat memulihkan tubuh saat sakit.

Inilah beberapa makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan rasa mual. Makanan tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh. Anda dapat mencobanya jika mengalami rasa mual. Sebenarnya masih ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk meringankan muali seperti biskuit, air kelapa muda, air madu hangat, dan lainnya. untuk informasi lebih lengkap kunjungi Orami Parenting.