Monday, January 18

Keunggulan Masker KN95 untuk menangkal Covid-19

Keunggulan Masker KN95 untuk menangkal Covid-19

Masih merebaknya virus Corona sekarang ini, membuat kebutuhan alat pelindung diri guna meminimalisir penyebaran Covid-19 sangat besar termasuk kebutuhan akan masker. Kebutuhan masker belakangan ini masih sangat besar, bahkan beberapa waktu lalu masker kesehatan hingga masker N95 sangat jarang dijumpai di pasaran lantaran habis diserbu masyarakat. Kini hadir Masker KN95 sebagai pengganti masker N95, seperti apa masker tipe KN95 ini? Simak ulasan singkat berikut.

Apa itu masker dengan nama KN95 ini?

Masker dengan kode KN95 memiliki tampilan yang hampir mirip dengan masker N95 dan mempunyai fungsi yang hampir sama dengan masker N95, bedanya masker N95 menggunakan standar dari Amerika Serikat sementara masker tipe KN95 menggunakan standar China dan juga terdapat perbedaan pada hal spesifikasi diantara keduanya.

Center of Diseae Control and Prevention atau CDC saat ini telah menetapkan bahwa KN95 menjadi masker alternatif pada saat masker N95 tak lagi ada dan tersedia untuk para tenaga medis. Dan juga penggunaan masker bernama KN95 ini juga telah diresmikan oleh FDA atau Food and Drug Administration di Amerika Serikat sejak tanggal 3 April 2020 yang lalu, bahkan KN95 tersebut telah didonasikan ke FDA.

Beberapa rumah sakit yang ada di Amerika Serikat bersedia untuk menerima bantuan donasi masker tipe KN95 ini, namun juga masih banyak pihak yang menolak KN95 asal China tersebut karena masih meragukan keaslian dan juga kualitasnya.

Masker sekali pakai bernama KN95 ini termasuk dalam masker berkategori FFR atau Filtering Facepiece Respirator yang mampu melindungi si pemakainya dari paparan aerosol dan juga tetesan droplet. KN95 biasanya berwarna putih dan memiliki bentuk sedikit bulat dengan permukaan yang cukup tebal yang mampu menyaring material berukuran kecil hingga 2,5 mikron.

Pada awalnya masker bernama KN95 ini digunakan di daerah perkotaan dengan kualitas udara yang sangat tercemar dengan tujuan untuk mengurangi dan meminimalisir risiko terpapar berbagai penyakit yang diakibatkan karena paparan polusi misalnya saja sakit tenggorokan, stroke, influenza hingga kanker paru-paru.

Dan baru sejak adanya pandemi Covid-19 yang lalu masker bernama KN95 ini kemudian makin banyak digunakan sebagai alat pelindung diri dari paparan virus berbahaya termasuk Covid-19, karena masker ini mampu menyaring dengan baik partikel-partikel yang ada di udara sampai dengan 95%.

Keunggulan yang dimiliki oleh KN95

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh masker ini adalah kemampuan filtrasinya yang dimiliki, seperti yang sisebutkan di atas jika masker bernama KN95 ini mampu memfilter 95% partikel berbahaya yang ada di udara. Keunggulan lainnya adalah masker ini anti air, dengan begitu mampu memaksimalkan perlindungan bagi pemakainya dari percikan droplet.

Keunggulan lainnya adalah mempunyai bentuk yang sesuai dengan kontur wajah manusia, dengan begitu saat masker ini digunakan maka akan menempel dengan sempurna sehingga meminimalisir adanya celah antara masker dengan kulit wajah. Karena jika masih ada celah yang muncul ketik menggunakan masker maka itu artinya proteksi masker tidak optimal.

Tentu saja dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, membuat masker ini kemudian menjadi barang buruan di masa pandemi sepeeti sekarang ini mengingat sampai saat ini belum ada obat Covid-19 yang berhasil ditemukan. Sebagai langkah mengantisipasi agar tak tertular tentu memilih alat pelindung diri yang baik sepatutnya kita lakukan agar bisa tetap terhindar dari virus penyakit berbahaya, salah satunya dengan mengguakan Masker KN95.

Deskripsi: Masker KN95 memiliki filtrasi yang sangat baik bahkan mampu memfilter partikel di udara hingga 95%, masker dijual dipasaran dengan harga mulai dari Rp 2 ribuan